RPP KELAS X KURIKULUM 2013 REVISI 2016 TP 2017/ 2018 TERBARU (MAPEL BAHASA INDONESIA)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


                                       Satuan Pendidikan       : SMK ... .
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester             : X/1
Topik                           : Menyusun Laporan Hasil Observasi
Materi Pokok               : Teks Laporan Hasil Observasi
Jumlah Pertemuan       : 4 X pertemuan                       
Alokasi Waktu             : 16 X 45 menit          

A.       Kompetensi Inti
(K3) Memahami, menerapkan,menganalisis, dan mengevaluasi tentang
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian bahasa Indonesia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,regional, dan internasional.
(K4) Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian bahasa Indonesia. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1.   Memahami laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis  
Indikator
3.1.1.Memahami laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis 
 4.1. Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
Indikator
4.1.1. Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
3.2. Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
Indikator
3.2.1.      Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.2.      Mengonstruksikan teks laporan observasi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis
Indikator
4.2.1.Mengonstruksikan teks laporan observasi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis


C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dengan materi pokok teks laporan hasil observasi  ini peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
            1.Memahami laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis 
            2.Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
            3.   Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
            4.   Mengonstruksikan teks laporan observasi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis



D.       Materi Pembelajaran
1.                                                                           Teks laporan hasil observasi tulis

Wayang
Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia. UNESCO, lembaga yang mengurusi kebudayaan dari PBB, pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor berasal dari Indonesia. Wayang merupakan warisan mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity). Para wali songo, penyebar agama Islam di Jawa sudah membagi wayang menjadi tiga. Wayang kulit di Timur, wayang wong atau wayang orang di Jawa Tengah, dan wayang golek atau wayang boneka di Jawa Barat. Penjenisan tersebut disesuaikan dengan penggunaan bahan wayang.

Wayang kulit dibuat dari kulit hewan ternak, misalnya kulit kerbau, sapi, atau kambing. Wayang wong berarti wayang yang ditampilkan atau diperankan oleh orang. Wayang golek adalah wayang yang menggunakan boneka kayu sebagai pemeran tokoh. Selanjutnya, untuk mempertahankan budaya wayang agar tetap dicintai, seniman mengembangkan wayang dengan bahan-bahan lain, antara lain wayang suket dan wayang motekar.
Wayang kulit dilihat dari umur, dan gaya pertunjukannya pun dibagi lagi menjadi bermacam jenis. Jenis yang paling terkenal, karena diperkirakan memiliki umur paling tua adalah wayang purwa. Purwa berasal dari bahasa Jawa, yang berarti awal. Wayang ini terbuat dari kulit kerbau yang ditatah, dan diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang pendalangan, serta diberi tangkai dari bahan tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan nama cempurit yang terdiri dari: tuding dan gapit.
Wayang wong (bahasa Jawa yang berarti ‘orang’) adalah salah satu pertunjukan wayang yang diperankan langsung oleh orang. Wayang orang yang dikenal di suku Banjar adalah wayang gung, sedangkan yang dikenal di suku Jawa adalah wayang topeng. Wayang topeng dimainkan oleh orang yang menggunakan topeng. Wayang tersebut dimainkan dengan iringan gamelan dan tari-tarian. Perkembangan wayang orang pun saat ini beragam, tidak hanya digunakan dalam acara ritual, tetapi juga digunakan dalam acara yang bersifat menghibur.
Selanjutnya, jenis wayang yang lain adalah wayang golek yang mempertunjukkan boneka kayu. Wayang golek berasal dari Sunda. Selain wayang golek Sunda, wayang yang terbuat dari kayu adalah wayang menak atau sering juga disebut wayang golek menak karena cirinya mirip dengan wayang golek. Wayang tersebut pertama kali dikenalkan di Kudus. Selain golek, wayang yang berbahan dasar kayu adalah wayang klithik. Wayang klithik berbeda dengan golek. Wayang tersebut berbentuk pipih seperti wayang kulit. Akan tetapi, cerita yang diangkat adalah cerita Panji dan Damarwulan. Wayang lain yang terbuat dari kayu adalah wayang papak atau cepak, wayang timplong, wayang potehi, wayang golek techno, dan wayang ajen.
Perkembangan terbaru dunia pewayangan menghasilkan kreasi berupa wayang suket. Jenis wayang ini disebut suket karena wayang yang digunakan terbuat dari rumput yang dibentuk menyerupai wayang kulit. Wayang suket merupakan tiruan dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput (bahasa Jawa: suket). Wayang suket biasanya dibuat sebagai alat permainan atau penyampaian cerita pewayangan kepada anak-anak di desa-desa Jawa.

Dalam versi lebih modern, terdapat wayang motekar atau wayang plastik berwarna. Wayang motekar adalah sejenis pertunjukan teater bayang-bayang atau serupa wayang kulit. Namun, jika wayang kulit memiliki bayangan yang berwarna hitam saja, wayang motekar menggunakan teknik terbaru hingga bayang-bayangnya bisa tampil dengan warna-warni penuh. Wayang tersebut menggunakan bahan plastik berwarna, sistem pencahayaan teater modern, dan layar khusus.
Semua jenis wayang di atas merupakan wujud ekspresi kebudayaan yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai kehidupan antara lain sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan. Wayang bermanfaat sebagai media pendidikan karena isinya banyak memberikan ajaran kehidupan kepada manusia. Pada era modern ini, wayang juga banyak digunakan sebagai media informasi. Ini antara lain dapat kita lihat pada pagelaran wayang yang disisipi informasi tentang program pembangunan seperti keluarga berencana (KB), pemilihan umum, dan sebagainya.Yang terakhir, meski semakin jarang, wayang masih tetap menjadi media hiburan. (Sumber: http://istiqomahalmaky.blogspot.co.id)

2.                                                                                 Struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
Teks laporan hasil observasi disusun dengan struktur
(a) pernyataan umum atau klasifikasi,
(b) deskripsi bagian, dan
(c) deskripsi manfaat.
Pernyataan umum berisi pembuka atau pengantar hal yang akan disampaikan. Bagian ini berisi hal umum tentang objek yang akan dikaji, menjelaskan secara garis besar pemahaman tentang hal tersebut.
Deskripsi bagian, bagian ini berisi uraian detail mengenai objek atau bagian-bagiannya. Deskripsi manfaat menunjukkan bahwa setiap objek yang diamati memiliki manfaat atau fungsi dalam kehidupan.
Kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi antara lain
(a) Penggunaan kata/ frasa nomina,
(b) Pembentukan nomina dan verba turunan dengan afiksasi,
(c) Penggunaan kalimat definisi dan kalimat deskripisi,
(d) Kalimat simpleks dan kompleks.
3.   Memahami laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis 
Adalah mengerti benar, tahu benar akan sebuah laporan hasil observasi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan.
Langkah-langkah memahami laporan hasil observasi:
1.mencermati laporan hasil observasi
2.memahami arti kata demi kata (yang sulit) sesuai arti tekstual (KBBI) yang dirangkai menjadi arti kalimat dalam teks tersebut.
3.memahami arti sesuai konteks dalam teks laporan hasil observasi
4.memahami arti teks secara keseluruhan.
4.   Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
Adalah mengemukakan intisari teks laporan hasil observasi berdasarkan hasil interpretasi/ tafsiran terhadap teks tersebut baik secara lisan maupun tulis.
Langkah-langkah:
1.mencermati laporan hasil observasi
2.memahami arti kata demi kata (yang sulit) sesuai arti tekstual (KBBI) yang dirangkai menjadi arti kalimat dalam teks tersebut.
3.memahami arti sesuai konteks dalam teks laporan hasil observasi
4.menafsirkan arti teks secara keseluruhan.
5.menuliskan dengan bahasa yang baik dan benar
5.menyajikan intisari berdasarkan hasil tafsiran secara lisan maupun tulis
5.  Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi  berkaitan dengan bidang pekerjaan
Adalah menguraikan teks laporan hasil observasi baik dalam isi maupun bahasa, menelaah hubungan antarbagian, untuk mendapatkan pemahaman yang utuh.
Langkah-langkah:
1.mencermati laporan hasil observasi
2.menguraikan teks sesuai dengan bagian-bagian atau strukturnya
3.menelaah/ mengkaji hubungan antar bagian/ struktur
4.memahami teks secara keseluruhan.
5.menuliskan dengan bahasa yang baik dan benar
     6. Mengonstruksikan teks laporan observasi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis
         Adalah menyusun teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis.
         Langkah-langkah:
1.menetapkan topik teks laporan hasil observasi
2.mencari bahan penulisan
3.menyusun bahan yang telah diolah sesuai kaidah isi dan bahasa teks laporan hasil observasi
4. menyunting teks laporan hasil observasi



E.        Metode Pembelajaran

1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning), Model Pembelajaran Berbasis     Masalah (Problem Based Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.        Media Pembelajaran

1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan teks laporan hasil observasi

G.    Sumber Belajar

ü Buku pegangan siswa kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 ,  
ü KBBI offline,
ü Internet.

H.       Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pertemuan kesatu

     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan









Kegiatan Inti  
  
















































Kegiatan Penutup

1.      Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.      Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran, serta rencana penilaian yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.

1.      Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks laporan hasil observasi yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks laporan hasil observasi.
2.      Peserta didik diberi stimulation (stimulasi) dengan cara dipersilakan mengamati contoh teks yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks laporan hasil observasi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016
3.       Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar teks laporan hasil observasi yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
4.      Peserta didik yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan untuk membuat problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah) dengan cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan materi teks laporan hasil observasi khususnya mengenai  memahami  teks laporan hasil observasi untuk kemudian membuat rumusan hipotesis
5.      Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh teks laporan hasil observasi lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
6.      Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
7.      Setelah mengamati dan membaca kembali teks laporan hasil observasi yang ditayangkan guru, tiap kelompok melakukan data processing (pengolahan data) dengan cara diklasifikasikan, didiskusikan dengan teman satu kelompok untuk dirangkum dan disajikan melalui presentasi.
8.      Masing-masing kelompok secara bergiliran mempresentasikan rangkuman tersebut sedangkan kelompok lain merespons/ menanggapi dan bersama-sama melakukan verification (pembuktian) dengan cara memeriksa secara cermat, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
9.      Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada generalization (generalisasi/kesimpulan) mengenai memahami teks laporan hasil observasi dan Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis

1.   Guru mengarahkan peserta didik untuk menuliskan simpulan yang telah ditetapkan mengenai  pemahaman teks laporan hasil observasi serta Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
2.   Guru memberikan kuis (lisan) berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.   Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit









130 menit

















































30 menit
Pertemuan kedua
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  
 



















































Kegiatan Penutup

1.         Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.         Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.         Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.

1.          Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi yang beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks laporan hasil observasi yang baru.
2.      Peserta didik diberikan basic concept (konsep dasar) dengan cara mengamati serta membaca referensi contoh teks laporan hasil observasi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 , hal. 40 “Taman Nasional Baluran”  dan teks “Wonderful World” yang sesuai dengan fenomena di masyarakat
3.      Peserta didik yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan untuk melakukan defining the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks laporan hasil observasi yang telah diamati yang disesuaikan dengan topik analisis dan konstruksi teks laporan hasil observasiyang disampaikan guru.
  1. Peserta didik diberi kesempatan untuk mengemukakan ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan topik di atas.
5.      Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran mandiri) dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari berbagai sumber untuk memperjelas yang berkaitan dengan analisis dan konstruksi teks laporan hasil observasi.
  1. Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge (pertukaran pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai topik bersama kelompoknya.
  2. Perwakilan dari empat kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok lain merespons/ menanggapi dengan santun
  3. Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang berkaitan dengan analisis dan konstruksi teks laporan hasil observasi dan pemecahannya.
9.      Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk mengkonstruksi sebuah laporan hasil observasi dengan tema tertentu.
10.  Peserta didik bersama guru membahas hasil konstruksi  teks laporan hasil observasi.
11.  Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi

1.      Guru mengarahkan peserta didik untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran mengenai analisis  teks laporan hasil observasi dan hasil konstruksi teks laporan hasil observasi sesuai dengan hasil presentasi dan pembahasan bersama.
2.      Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit








115 menit




















































45 menit


Pertemuan ketiga
Ulangan harian
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  
  




Kegiatan Penutup

1.   Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.   Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.   Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah ulangan harian yang akan dilaksanakan peserta didik.

1.      Peserta didik mencermati soal-soal ulangan harian untuk kemudian mengerjakannya secara tepat sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan.
2.      Peserta didik meneliti hasil pekerjaan sebelum mengumpulkan kepada guru.

1.      Guru memberikan arahan kegiatan untuk pertemuan selanjutnya seputar perbaikan dan pengayaan.
2.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit








140 menit





20 menit

Pertemuan ketiga
Perbaikan dan pengayaan
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan










Kegiatan Inti  
  







Kegiatan Penutup

1.      Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.      Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan ulangan harian sebelumnya
3.      Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah perbaikan dan pengayaan serta menyebutkan nama-nama peserta didik sesuai kegiatan yang akan dilaksanakannya.



1.      Peserta didik yang memiliki nilai di bawah KKM disilakan untuk melaksanakan perbaikan sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan.
2.      Peserta didik yang memiliki nilai di atas KKM disilakan untuk melaksanakan pengayaan sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan.
3.      Peserta didik meneliti hasil pekerjaan sebelum mengumpulkan kepada guru.

1.      Guru memberikan arahan kegiatan untuk pertemuan selanjutnya
2.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit










140 menit









20 menit


I.     Penilaian Hasil Pembelajaran

1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses
1.1.   Pengamatan (sikap)
No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Religius (spiritual)
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Tanggung jawab

Kisi-kisi penilaian sikap
No.
Aspek
Indikator pencapaian
Skor (TIDAK PERNAH)
0
Skor
(KADANG-KADANG)
1
Skor
(SERING)

3
Skor
(SELALU)

5
1.
Religius (spiritual)
Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.    Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
b.   Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.    Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.   Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e.    Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa




2.
Tanggung jawab
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam melaksanakan diskusi
a. Melaksanakan tugas individu dengan baik
b.      Menerima risiko dari tindakan yang dilakukan
c.       tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
d.      Mengakui kesalahan yang dilakukan
e.    Minta maaf bila melakukan kesalahan




Skor maksimal: (skor maksimal X indikator pencapaian kompetensi)

2.      Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (ulangan harian)  (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
3.1.1. Memahami laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis 


Tes tertulis
Isian
1. Unsur teks laporan hasil observasi yang berfungsi memberikan informasi mengenai hal umum tentang objek yang akan dikaji disebut… .
2. Informasi berupa uraian detail mengenai objek atau bagian-bagiannya disebut… .
3.Contoh judul teks laporan hasil observasi yang baik adalah… .
4. Urutan struktur teks laporan hasil observasi yaitu … .
5. Teks laporan hasil observasi secara umum berisi… .
3.2.1.   Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan



6.Unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi antara lain… .
7.Teks laporan hasil observasi hendaknya menggunakan bahasa formal, alasan yang mendasari hal tersebut adalah… .
8.Kaidah kebahasaan dalam teks prosedur kompleks antara lain … .
9.Gaya bahasa tidak diperkenankan penggunaannya dalam teks laporan hasil observasi   karena teks laporan hasil observasi termasuk jenis teks… .
10.Apakah teks laporan hasil observasi harus faktual?
  JAWABAN
1.                                                                                                                              Pernyataan umum/ klasifikasi
    1. Deskripsi bagian
    2. Wayang, museum, komputer, … .
    3. (a) pernyataan umum atau klasifikasi,
(b) deskripsi bagian, dan
(c) deskripsi manfaat.
    1. Laporan yang bersumber dari pengamatan/ observasi
    2. (a) kata/ frasa nomina,
(b) nomina dan verba turunan dengan afiksasi,
(c) kalimat definisi dan kalimat deskripisi,
(d) Kalimat simpleks dan kompleks.
    1.  Teks laporan hasil observasi adalah teks yang bersifat ilmiah.
    2. Menggunakan bahasa formal
Sesuai EYD
            Menggunakan kata-kata baku
           Menggunakan kata/ frasa nomina, verba,kalimat definisi, kalimat deskripsi, kalimat simpleks, dan kalimat kompleks
    1. ilmiah
    2. Ya, karena merupakan teks ilmiah.
 Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 - 10
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
  10
Peserta didik menjawab tidak lengkap
    7
Peserta didik menjawab salah
    3
Peserta didik tidak menjawab
    0

2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )
1.      Sajikan isi teks laporan hasil observasi terlampir!
2.      Konstruksilah sebuah teks laporan hasil observasi dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan!

Rubrik Penilaian Keterampilan
No.
Aspek
Deskripsi
Ya (nilai maksimum)
Tidak
1.
4.1.1.  Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis


           
  1. Sudah tepatkah isi teks laporan hasil observasi yang disajikan?
  2. Sudah jelaskah isi teks laporan hasil observasi yang disajikan?
  3. Sudah lancarkah penyampaian isi teks laporan hasil observasi yang disajikan?
20


10


20


2.
4.2.1. Mengonstruksi teks laporan hasil observasi dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan.


  1. Sudah benarkah pengembangan teks laporan hasil observasi yang dikonstruksi?
  2. Apakah teks laporan hasil observasi yang dikonstruksi sudah sesuai dengan kaidah?
  3. Sudah jelaskah tulisan yang digunakan dalam mengonstruksi teks laporan hasil observasi?
20


20


10

     Perbaikan:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
3.1.1. Memahami laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis 

Tes tertulis
Isian
1. Unsur teks laporan hasil observasi yang menunjukkan bahwa setiap objek yang diamati memiliki manfaat atau fungsi dalam kehidupan.
disebut… .
2. Informasi berupa uraian detail mengenai objek atau bagian-bagiannya disebut… .
3.syarat judul teks laporan hasil observasi yang baik Antara lain… .
4. Urutan struktur teks laporan hasil observasi yaitu … .
5. Teks laporan hasil observasi secara umum berisi… .
3.2.1.   Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan



6.Unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi antara lain… .
7.Teks laporan hasil observasi hendaknya menggunakan bahasa formal, alasan yang mendasari hal tersebut adalah… .
8.Kaidah kebahasaan dalam teks prosedur kompleks antara lain … .
9.Gaya bahasa tidak diperkenankan penggunaannya dalam teks laporan hasil observasi   karena teks laporan hasil observasi termasuk jenis teks… .
10.Apakah teks laporan hasil observasi harus faktual?

JAWABAN
1.                                                                                                                              Deskripsi manfaat
2.                                                      Deskripsi bagian
3.                                                      Sesuai EYD, pendek tetapi jelas, sesuai topik dan teks
4.                                                      (a) pernyataan umum atau klasifikasi,
(b) deskripsi bagian, dan
(c) deskripsi manfaat.
5.                                                      Laporan yang bersumber dari pengamatan/ observasi
6.                                                      (a) kata/ frasa nomina,
(b) nomina dan verba turunan dengan afiksasi,
(c) kalimat definisi dan kalimat deskripisi,
(d) Kalimat simpleks dan kompleks.
7.                                                       Teks laporan hasil observasi adalah teks yang bersifat ilmiah.
8.                                                      Menggunakan bahasa formal
Sesuai EYD
                              Menggunakan kata-kata baku
                              Menggunakan kata/ frasa nomina, verba,kalimat definisi, kalimat deskripsi, kalimat simpleks, dan kalimat kompleks
9.                                                      ilmiah
10.                                                  Ya, karena merupakan teks ilmiah.

Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 - 10
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
  10
Peserta didik menjawab tidak lengkap
    7
Peserta didik menjawab salah
    3
Peserta didik tidak menjawab
    0


Pengayaan:
Carilah materi pembelajaran yang bersifat menambahi materi secara teori dan aplikasi sesuai kompetensi dasar:
3.1.      Memahami laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang    dipresentasikan dengan lisan dan tulis 
3.2.      Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
Tugas akhir bab:
Tugas terstruktur

1.   Carilah sebuah teks laporan hasil observasi dari media massa, kemudian:
a.    Pahamilah maknanya
b.   Analisislah  isi dan kebahasaannya!
Pekerjaan dikumpulkan tanggal 8 Agustus 2017.

Tugas tak terstruktur

2.   Buatlah sebuah karya yang berisi teori dan aplikasi sesuai kompetensi dasar dalam pelajaran 1 dengan media yang bervariasi! (misal: kardus, papan, karton tebal, dll. ). Pekerjaan dikumpulkan dalam jangka waktu semester satu.

Keterangan:

Penilaian sikap tidak harus tertulis secara eksplisit dalam RPP.

No comments:

Post a Comment